PESAWAT SEDERHANA

Pesawat sederhana adalah alat-alat sederhana untuk memudahkan pekerjaan manusia. Alat yang termasuk perkakas atau pesawat sederhana antara lain: Tuas atau Pengungkit, Bidang Miring, Roda Berporos, Katrol, Baji, Sekrup, dan masih banyak lagi kita bisa menemukan di sekitar kita. 

Pesawat sederhana merupakan segala peralatan yang memudahkan manusia dalam melakukan kerja atau usaha tentunya pesawat sederhana memberikan keuntungan antara lain: Mengubah bentuk energy, Mengurangi gaya, Keuntungan kecepatan, dan Mengubah arah.

Jenis-jenis pesawat sederhana :
1.  Bidang miring adalah suatu permukaan datar yang memiliki suatu sudut tegak lurus terhadap permukaan horizontal. Penerapan bidang miring dapat mengangkat benda dengan gaya yang kecil melalui jarak yang jauh, dari pada jika beban itu diangkat ke atas secara vertical. Bidang miring adalah salah satu pesawat sederhana yang umum dikenal misalnya jalan berkelok di gedung tempat parkir mobil, di Jakarta sangat banyak dan mudah kita jumpai atau jalan berkelok menaiki dataran tinggi.

2.  Tuas (lever) atau pengungkit adalah salah satu pesawat sederhana yang digunakan untuk mengubah hasil dari suatu gaya. Hal ini mungkin terjadi dengan adanya sebuah batang ungkit dengan titik tumpu, titik gaya dan titik beban yang divariasikan letaknya. Contoh pengungkit prinsip pengungkit adalah gunting, linggis dan masih banyak lagi kita dapat temukan di sekitar kita.

3.  Katrol adalah suatu roda dengan bagian berongga di sepanjang sisinya untuk tempat tali atau kabel. Katrol biasanya digunakan dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban. Pengembang alat sederkhana ini asal mulanya dari Eurasia. Bagian dasar pembentukan katrol, roda, ditemukan beberapa waktu setelah penemuan di Eurasia pada masyarakat Barat ( Eropah), Afrika Sub-Sahara, Asia Timur dan Australia. Dipercayai juga bahwa Archimedes seorang tokoh Matematika mengembangkan rangkaian system katrol pertama.

    Dalam pesawat sederhana seperti tuas dan katrol dikenal beberapa istilah untuk menyatakan besaran yang digunakan yaitu:
1.     Beban              : Berat benda yang akan dipindahkan  (W
2.     Kuasa              : Besaran gaya yang digunakan untuk memindahkan beban (F
3.     Lengan Kuasa : Jarak antara titik kuasa dan titik tumpu  (lk)
4.     Lengan beban : Jarak antara beban dengan titik tumpu. (lb)
        (satuan ukurannya gaya dalam Newton = N)

Komentar